Breaking News
Home / Uncategorized / Panduan Teknis Penggunaan Aplikasi Evaluasi Diri Madrasah (EDM)

Panduan Teknis Penggunaan Aplikasi Evaluasi Diri Madrasah (EDM)

 

PENDAHULUAN

A. Pengertian EDM
Evaluasi Diri Madrasah (EDM) merupakan salah satu instrumen strategis yang dapat
digunakan oleh setiap satuan pendidikan madrasah untuk mengetahui kondisi objektif
kekuatan dan kelemahan madrasah dalam konteks pencapaian standar mutu pendidikan.
Hasil EDM diharapkan dapat menjadi input penting dalam merumuskan program dan
kegiatan prioritas dalam Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) yang disusun oleh
masing-masing madrasah setiap tahun. Dengan demikian, perencanaan dan penganggaran
madrasah bukan didasarkan pada keinginan dan selera saja, melainkan didasarkan pada
kebutuhan berdasarkan hasil EDM.
B. Maksud dan Tujuan
Maksud dari EDM adalah agar Kementerian Agama memiliki sistem informasi Evaluasi Diri Madrasah
untuk mengetahui kebutuhan dan kelemahan madrasah yang terintegrasi mulai dari tingkat
madrasah, kabupaten/kota, provinsi hingga pusat.
C. Manfaat
Pada prinsipnya EDM adalah penilaian yang dilakukan oleh warga madrasah itu sendiri dengan
penuh kesadaran dan kejujuran yang akan digunakan oleh madrasah itu sendiri untuk perbaikan
mutu pendidikan
D. Jenjang Admin EDM
Jenjang admin EDM memiliki beberapa tingkatan dengan fungsi yang berbeda, yaitu:
a. Admin EDM tingkat pusat.
b. Admin EDM tingkat provinsi.
c. Admin EDM tingkat kabupaten/kota.
d. Admin EDM tingkat madrasah (Kepala Madrasah dan Staf Madrasah).
C. Fungsi dan Tanggung Jawab Admin Pusat
Fungsi dan tanggung jawab admin pusat adalah:
a. Memonitor proses implementasi EDM tingkat provinsi, kabupaten/kota dan madrasah.
D. Fungsi dan Tanggung Jawab Admin Provinsi
Fungsi dan tanggung jawab admin provinsi adalah:
1. Memonitor proses implementasi EDM tingkat madrasah dan kabupaten/kota.

  1. E. Fungsi dan Tanggung Jawab Admin Kabupaten/Kota

Fungsi dan tanggung jawab admin kabupaten/kota adalah:

  1. 1. Memonitor proses implementasi EDM tingkat madrasah.
  2. F. Fungsi dan Tanggung Jawab Admin Kepala Madrasah

Fungsi dan tanggung jawab admin kepala madrasah adalah:

  1. 1. Melakukan Approval terhadap hasil EDM yang dilakukan oleh Tim Penjamin Mutu (TPM)
  2. . Fungsi dan Tanggung Jawab Tim Penjamin Mutu Madrasah

Fungsi dan tanggung jawab admadrasah adalah:

  1. a. Memilih Instrumen EDM
  2. b. Upload Bukti Fisik dalam setiap Instrumen c.    Memilih Kegiatan berdasarkan hasil EDM

 

  1. H. Akses ke aplikasi EDM
  2. 1. Akses secara online

Akses ke aplikasi EDM dapat dilakukan secara online melalui website dengan menggunakan

PC/laptop maupun tablet dan android:

https://erkam.kemenag.go.id

  1. 2. Akses secara semi online

Aplikasi semi online akan dikembangkan bagi madrasah yang tidak memiliki akses internet di wilayahnya. Tahapan akses semi online adalah:

1)   Madrasah mengunduh aplikasi EDM dari web kemenag.

2)   Madrasah melakukan pengisian EDM secara offline.

3)   Madrasah mengunggah kembali aplikasi EDM yang telah diisi ke web kemenag yang telah ditentukan.

  1. I. EDM dan keterkaitannya dengan e-RKAM

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah suatu proses penilaian  mutu penyelenggaraan  pendidikan yang dilakukan  oleh pemangku  kepentingan  ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan  (SNP). Melalui EDM, madrasah dapat mengetahui aspek-aspek  yang perlu ditingkatkan,  serta kekuatan dan kelemahan  yang ada di madrasah dapat diidentifikasi.  Hasil EDM akan digunakan  sebagai bahan untuk menetapkan

jenis-jenis  program/kegiatan  prioritas dalam penyusunan  rencana peningkatan dan pengembangan  madrasah yang dituangkan  dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM).

Berdasarkan identifikasi kekuatan dan kelemahan tersebut, madrasah menentukan program, kegiatan, dan sub kegiatan yang akan dilaksanakan. Klasifikasi program, kegiatan dan sub kegiatan berdasarkan kelebihan dan kekurangan tersebut adalah:

  1. 1. Terhadap indikator kinerja yang telah dicapai:
  2. a. Program, kegiatan dan sub kegiatan untuk mempertahankan capaian yang telah dicapai. b.    Program, kegiatan dan sub kegiatan untuk meningkatkan capaian yang telah dicapai.
  3. 2. Terhadap indikator kinerja yang belum dicapai:

Program, kegiatan dan sub kegiatan untuk menghilangkan/meminimalisir penyebab yang mengakibatkan tidak tercapai indikator kinerja, sehingga indikator kinerja dapat dicapai.

Program, kegiatan dan sub kegiatan yang telah diindentifikasi tersebut selanjutnya dituangkan dalam dokumen perencanaan dan penganggaran madrasah, yaitu:

  1. 1. Dokumen perencanaan penganggaran jangka menengah madrasah (RKJM = Rencana Kerja

Jangka Menengah), bagi madrasah yang belum memiliki RKJM.

  1. 2. Untuk memutakhirkan RKJM yang telah ada.
  2. 3. Dituangkan dalam dokumen perencanaan dan penganggaran tahunan atau RKAM (Rencana

Kerja dan Anggaran Madrasah).

Dalam aplikasi e-RKAM, EDM dilaksanakan EDM merupakan salah satu menu yang tersedia dan harus disusun oleh madrasah sehingga EDM dan RKAM dapat dikerjakan secara online dan terintegrasi.Uraian lebih lengkap tentang EDM dijelaskan lebih lanjut dalam Pedoman Evaluasi Diri Madrasah sedangkan uraian lebih rinci tentang keterkaitan antara EDM dan e-RKAM dijelaskan pada modul-modul berikut dari manual pengoperasian e-RKAM.

Analisa Kesenjangan dalam EDM

–        Visi dan Misi

Madrasah

–        8 SNP

Kondisi Saat Ini                                      Kondisi Yang Ingin

Dicapai

Kesenjangan Antara Kondisi Saat Ini dan Kondisi Yang ingin Dicapai (Analisa Gap)

Analisa

Penyebab

Program, Kegiatan

Dituangkan dalam:

 

dan Sub Kegiatan   1. RKJM yang baru
untuk   2. Pemutakhiran
menghilangkan     RKJM yang ada
penyebab   3. RKAM

 

 

e-RKAM :

–        Perencanaan    dan penganggaran

–       Penatausahaan

–       Pelaporan

Keterkaitan EDM dan RKAM

Evaluasi Diri

Madrasah

(EDM)

Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM)

Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM)

 

#PANDUAN TEKNIS APLIKASI EDM selengkapanya klik di Panduan Teknis penggunaan aplikasi EDM

About WebAdmin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + nineteen =