Home / Uncategorized / MIN 2 Pati Gelar Uji Kompetensi Ibadah

MIN 2 Pati Gelar Uji Kompetensi Ibadah

Pati – Sebagai sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, sudah seyogyanya madrasah mengedepankan pendidikan  keagamaan sebagai bekal untuk calon lulusan. Maksud dan tujuan ini diwujudkan MIN 2 Pati dalam bentuk Uji Kompetensi Ibadah yang menjadi agenda akhir tahun pelajaran  kelas VI.

Hari ini, Rabu 18 Mei 2022 MIN 2 Pati menggelar Uji Kompetensi Ibadah yang meliputi 4 macam materi ujian yakni uji praktik wudhu, praktik membaca Alquran, praktik sholat dan praktik  tahlil .  Dalam pembukaan ujian, diisi dengan pengarahan dari Kepala MIN 2 Pati. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Uji Kompetensi Ibadah ini dilaksanakan untuk mengevaluasi seberapa kemampuan anak dalam melaksanakan ibadah harian yang mana anak-anak kelas VI rata-rata sudah baligh sehingga mereka harus melaksanakan ibadah secara benar sesuai tuntunan syariat Islam Ala Ahlus Sunnah Waljaamaah

Dalam ujian ini, MIN 2 Pati menghadirkan penguji dari luar yakni dari ustadz –ustadzah MADIN MIN 2 Pati, guru mengaji dan juga tokoh agama di sekitar MIN 2 Pati. Pada materi uji praktik wudhu ada penguji Bapak Ali Sofyan, praktik sholat ada Ibu Niswatun M, Ibu Siti Nurkhayati dan Ibu Ernawati. Sedangkan di praktek membaca Alquran ada Ibu Dzurrotul Abidah, Bapak Shohib serta di praktek Tahlil ada Bapak Safiq dan Bapak Fauzan. Pengambilan penguji dari luar MIN ditujukan agar peserta didik tidak mengabaikan Uji Kompetensi ini, dan mengikuti kegiatan ini secara maksimal.

Selain itu, yang unik dalam Ujian ini adalah dihadirkannya wali peserta didik untuk mendampingi putra-putrinya mengikuti ujian. “Kalau di pondok ada munaqosyah, kalau di MIN 2 Pati ada Uji Kompetensi Ibadah, kira-kira begitu lah, ”terang Solikhul Hadi yang didapuk menjadi Ketua Pelaksana Ujian ini.

“Dihadirkannya wali peserta didik juga agar wali peserta didik bisa mengetahui secara langsung praktek ibadah yang telah dikuasai oleh anak-anak dengan harapan orang tua bisa membimbing anak-anak yang belum mampu beribadah secara benar,” imbuh Siti Aminah Kepala MIN 2 Pati.

Selain peserta didik yang antusias menjalani ujian, wali peserta didik juga ikut khawatir bilamana putra-putrinya tidak bisa melewati ujian ini. “Saya sangat mendukung adanya Ujian seperti ini. Dengan begitu saya jadi tahu seberapa kemampuan anak saya dalam praktek ibadah. Semoga dengan adanya praktek ibadah ini bermanfaat untuk bekal anak saya kedepannya,“ ungkap Nurul Azkiyah wali dari Muhammad Al Izzaki Abdillah kelas 6C.

Ujian berawal dari pukul 09.00 dan berakhir sekitar pukul 12.00. “Kami berharap Ujian semacam ini akan terus berlangsung dan benar-benar bisa menjadi ujian yang mampu menakar kemampuan peserta didik dalam bidang spiritual,” pungkas Siti Aminah.(AN)

About WebAdmin

Check Also

Vaksinasi COVID-19 Dosis I di MIN 2 Pati

Pati – Rabu, 19 Januari 2021 MIN 2 Pati mendapatkan jadwal vaksinasi oleh Puskesmas Dukuhseti. …

One comment

  1. Sukses selalu MIN 2 Pati!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 4 =